Dampingi Praktek Pelatihan, Darmawati Inginkan Penguatan Kompetensi Pelayanan Wisata.
Setelah berlangsung selama tiga hari, kegiatan Pelatihan Pelayanan Transportasi Wisata yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Dispar Sulbar) berakhir hari ini, Jumat 19 April 2024. Bagian akhir kegiatan diisi dengan praktek pelayanan transportasi darat (roda empat) di lobi belakang Hotel Aflah Mamuju. Didampingi Dr. Farid Said, akademisi Politekpar Makassar, para peserta melakukan simulasi penjemputan turis atau wisatawan yang tiba di Bandara Tampadang.
Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Kadispar Sulbar), Darmawati Ansar, yang menyaksikan praktek pelayanan tersebut menilai pentingnya mendorong peningkatan kemampuan peserta dalam menciptakan hospitality bagi para tamu. Materi praktek yang dilakukan akan menjadi pengalaman bagi penguatan kompetensi peserta dalam memberikan palayanan di sektor transportasi wisata.
“Ini bagus agar para peserta punya pengalaman langsung dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan. Kita selalu upayakan agar semua stakeholder kepariwisataan memilki kompetensi yang baik. Itu bagian penting dari penciptaan hospiyality di industri pariwisata,” kata Darmawati.
Tidak sekedar hadir di kegiatan, Kadispar Sulbar itu bahkan terlibat dengan berperan sebagai wisatawan yang dijemput di bandara. Darmawati berharap kegiatan dapat diikuti secara serius sehingga berdampak pada pengembangan sektor pariwisata di daerah ini.
“Iya, saya diminta berperan sebagai tamu,” ujar Darmawati. “Keterlibatan saya selaku Kepala Dinas mestinya berpengaruh pada keseriusan peserta mengikuti pelatihan. Hasilnya nanti dapat dirasakan para wisatawan yang datang di Sulawesi Barat, dan tentu saja berdampak pada pengembangan sektor pariwisata kita,” jelasnya.
Nampak selama pelaksanaan, Darmawati juga memberikan instruksi, masukan dan pertanyaan-pertanyaan teknis kepada peserta. Diingatkan kepada peserta agar memanfaatkan kesempatan di pelatihan untuk terus belajar dan menambah pengalaman, serta berdiskusi sebanyak-banyaknya dengan narasumber. Dia berharap para pengemudi alat transportasi memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan sesuai standar wisata.
“Gunakan kesempatana ini sebaik-baiknya untuk belajar, berbagi pengalaman, berdiskusi dengan narasumber yang kita hadirkan. Saya berharap semua nantinya memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan sesuai keinginanan tamu atau wisatawan yang menjadi konsumen Bapak, “demikian Darmawati tekankan.