• Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Youtube
idIndonesia
  • idIndonesia
  • enEnglish
Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi BaratDinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat
  • BERANDA
  • BERITA
  • DATA
    • DATA UTAMA TUPOKSI
    • RENSTRA
    • DAFTAR ASET
    • DESTINASI WISATA
      • WISATA ALAM DAN BUATAN
      • WISATA PANTAI DAN BAHARI
      • WISATA SENI DAN BUDAYA
      • WISATA MINAT KHUSUS
      • JUMLAH OBJEK WISATA
      • DESTINASI PARIWISATA UNGGULAN TAHUN 2019
    • KELEMBAGAAN DAN KEMITRAAN
      • PHRI
        • JUMLAH JENIS HOTEL & PENGINAPAN, KAMAR & TEMPAT TIDURNYA TAHUN 2019
      • ASITA
        • BIRO DAN AGEN PERJALANAN WISATA SERTA PEMANDU WISATA TAHUN 2019
      • HPI
      • EVENT ORGANIZER
      • KOMUNITAS
      • MEDIA PARTNER
    • INDUSTRI DAN EKONOMI KREATIF
      • JENIS USAHA JASA MAKANAN DAN MINUMAN TAHUN 2019
    • INDIKATOR KINERJA UTAMA
      • JUMLAH KUNJUNGAN DAN LAMA KUNJUNGAN WISATAWAN TAHUN 2019
      • PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) SEKTOR PARIWISATA
    • DATA ASN
      • DAFTAR URUT KEPANGKATAN 2020
      • DAFTAR KENAIKAN GAJI BERKALA 2020
      • DAFTAR RIWAYAT HIDUP
      • DAFTAR PTT
      • PETA JABATAN
      • REKAP CUTI PNS
        • 2018
        • 2019
        • 2020
      • ANALISIS JABATAN 2020
        • SEKRETARIAT
        • BIDANG PEMASARAN
        • BIDANG DESTINASI
        • BIDANG KELEMBAGAAN DAN KEMITRAAN
        • BIDANG PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DAN PENGENDALIAN INDUSTRI
      • FORMULIR BEBAN KERJA
    • SURAT KEPUTUSAN
      • 2018
      • 2019
      • 2020
  • INFORMASI
    • TUPOKSI
    • PROFIL KADIS
    • LAPORAN KEUANGAN
      • Laporan Tahun 2023
      • Laporan Tahun 2024
    • DAFTAR ASN
    • RENCANA UMUM PENGADAAN
    • PERJANJIAN KINERJA
    • RINGKASAN DPA / PROGRAM KEGIATAN
    • RENCANA KERJA (RENJA)
    • LKjIP
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • RKPD 2023
    • LINK AKUN MEDIA SOSIAL DAN kONTAK
    • GAMBARAN UMUM
    • VISI DAN MISI
    • CALENDER EVENT
    • PROGRAM UNGGULAN
    • LHKPN
  • GALERI
  • RENCANA AGENDA
  • JEJAK PENDAPAT
  • GALERI VIDEO

BERITA

  • Home
  • Blog
  • BERITA
  • Bidang Pemasaran Dispar Sulawesi Barat Bangkitkan Pariwisata Lewat Event Nasional

Bidang Pemasaran Dispar Sulawesi Barat Bangkitkan Pariwisata Lewat Event Nasional

  • Posted by Admin Dispar
  • Categories BERITA
  • Date Senin, 24 Februari 2025

Mamuju, Sulawesi Barat – Kharisma Event Nusantara (KEN) 2025 resmi diluncurkan dengan menghadirkan 110 event terbaik dalam lima kategori utama, yaitu budaya, karnaval, kuliner, seni, dan musik. Di antara berbagai daerah di Indonesia, Sulawesi Barat berhasil meloloskan dua event unggulannya pada event nasional tahun ini, yakni Manakarra Fair dan Gema Sulbar.

Kharisma Event Nusantara merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bertujuan untuk mendorong kemajuan pariwisata daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas.

Diharapkan melalui penyelenggaraan event tersebut masyarakat Indonesia semakin mengenal kekayaan budaya dan kearifan lokal, dapat merasakan berbagai kuliner khas daerah, serta menikmati keindahan kostum karnaval dan permainan tradisional, khusunya yang ada di Sulawesi Barat. Selain itu, event ini juga menjadi peluang bagi pelaku usaha dan UMKM daerah untuk mempromosikan dan menjual produk unggulannya.

Hal tersebut menjadi motivasi bagi Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sulawesi Barat untuk terus berupaya mendorong berbagai event terbaik dari Sulbar agar bisa memenuhi semua standar yang dipersyaratkan Kemenpar RI agar menjadi bagian dari KEN 2025.

Sebagai pengingat bahwa beberapa kegiatan juga telah berhasil menembus persiangan untuk masuk di KEN sebelumnya, antara lain Festival Kota Tua Majene pada tahun 2021 dan 2022, serta Manakarra Fair yang tiga tahun berturut-turut (2022, 2023 dan 2024) menjadi bagian dari event nasional ini.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Sulbar mengatakan masuknya Manakarra Fair kembali dalam KEN serta lolosnya Gema Sulbar untuk pertama kalinya, menandai pencapaian baru bagi pariwisata Sulawesi Barat.

“Ini menjadi pencapaian tersendiri dan tentu kami berharap setiap tahun selalu ada event unggulan dari Sulbar yang bisa masuk dalam Kharisma Event Nusantara. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan daya tarik pariwisata serta mendatangkan lebih banyak wisatawan ke daerah kita,” ujar Sariani Lasami.

Dia juga mengungkapkan harapannya bahwa masuknya dua event ini ke dalam KEN 2025 akan menjadi ajang promosi pariwisata Sulawesi Barat di kancah nasional. Sari menyampaikan optimismenya bahwa Manakarra Fair dan Gema Sulbar akan berdampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah melalui sektor pariwisata Sulawesi Barat.

  • Share:
Admin Dispar

Previous post

Bimtek RENSTRA Pariwisata, Kadispar Sulbar : Wujudkan Visi Gubernur Melalui Program Efektif dan Efisisen
Senin, 24 Februari 2025

Next post

Manakarra Fair & GEMA Sulbar Masuk dalam KEN 2025, Dinas Pariwisata: Ini Keberhasilan Bersama
Rabu, 26 Februari 2025

You may also like