Exotia Pulau Karampuan
Memberikan sosialisasi kegiatan Pengembangan kepariwisataan dari Potensi menjadi Produk Pariwisata yang akan dijadikan sebagai paket wisata karampuang Explore karampuang Island 2 malam 3 hari (makanan, tranportasi, akomodasi, Guiding, snorkling, Diveing)
Pariwisata Sulawesi barat kaya dan beragam potensi dari keindahan, udara alam pegunungan sampai sampai kealam bahari yang ekskotia dari kebudayaan lembah sampai pada kebudayaan pesisir yang natural yang sejuk, dengan flora dan faunahnya yang merupakan merupakan asset yang tak ternilai harganya yang dapat diolah menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat sepanjang asset yang berharga ini, dapat kita kelola dengan baik (mutual Benefit) dan menjadi daya Tarik supply pariwisata , yaitu seberapa besar upaya yang dilakukan oleh kita semua untuk menjaring sebanyak banyaknya wisatawan melalui barbagai atribut sensasi pariwisata utamnya pada 3 A”s) (Tourism Supply) yang sangat menjanjikan dalam kaitan dengan peningkartan kesejahteraan masyarakat.
Salah satu destinasi pariwisata di kota mamuju adalah Destinasi wisata Pulau karampuang , disebut destinasi pulau sebab pulau ini , merupakan ruang fisik yang di dalamnya ada campuran (bauran) dari layanan, produk, serta daya Tarik seperti yang dikatakan oleh UNWTO juga menyatakan bahwa daya tarik dan pengalaman destinasi dibentuk oleh berbagai elemen seperti atraksi, fasilitas, aksesibilitas, SDM , dan harga Demikian juga pada kegiatan di Sau tau di karampuang , salah satu innovasi yang digagas oleh saudara Yusuf Anwar kepala Bidang Kelembagaan dan SDM, memalui karya Proper mengikuti diklat Pim 3 di Diklat kemendagri Makassar ini adalah ihtiar terbaru yang berupaya mengembangkan pariwisata melalui pola kolaborasi antar stakeholder utama dan mendapatkan supporting kemitraan dari Bank Rakyat Indonesia cabang Mamuju untuk menciptakan produk destinasi pariwisata yang elegant berbasis pada masyarakat dengan menata bauran yang exelence baik fasilitas amenitas , aksesibilitas, atraksi dan ancelery (tata kelola layanan) seperti rumah rumah masyarakat sebagai Home stay yang exelence yang marasa dan dengan dan tidak dikelola amatiram (istilah ini awalnya disampaikan oleh pak sekda bebrapa tahun lalu.
Oleh karena itu . harus dikelola dengan gaspool , tujuannya untuk melahirkan produk unggulan competativ baik dari sisi produk maupun services , kedua hal ini harus menjadi perhatian agar mendapatkan exelence produk dan exelence service atau produk yang marasa dan layanan yang marasa) Be Exelence and Be marasa.
Be Exelence atau Be Marasa sebab: Produk dan layanan
- Assurance, yaitu pemahaman terkait materi dan kesopanan petugas pelayanan, (attitude)
- Reliability, kemampuan untuk memenuhi apa yang dijanjikan,
- Tangibles, aspek terkait fasilitas fisik/peralatan serta penampilan personal dari penyedia layanan, (Aman, Bersih, Tertib, sejuk, indah. Ramah dan kenangan)
- mpathy kepedulian dan perhatian individu yang diberikan kepada stakeholders, dan
- Responsive, yaitu kemampuan untuk membantu dan memberikan layanan yang cepat/responsif kepada stakeholders.
- Innovatif , kemampuan untuk memberikan alternative yang lebih bagus dan lebih mudah
- Adaptif , kemampuan menyesuaikan keadaan perubahan yang berlangsung secara tiba tiba
Produk unggulan Ini dibuat dengan total konsep, dan menyentuh kesemua lini stakeholder atau disebut dengan pentahelix pariwisata yang ada di karampuang disusun semanarik mungkin , dengan perhitungan yang baik, sehingga produk pariwisata itu meningkatkan kunjungan ke karampuang sehingga sansasi dan exotia karampuang menjadi experience yang susah dilupakan.
Sumber : Humas Pariwisata