Dispar Sulbar Siap Maksimalkan Pelayanan Melalui SP4N LAPOR
Bertempat di ruang rapat Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat dilaksanakan rapat oleh Tim SPBE Dispar dengan seluruh pejabat administrator dan fungsional lingkup Dispar Sulbar, pada Senin, 26 Mei 2025.
Rapat ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) SP4NLAPOR oleh PPID di Kantor Kominfo Sulbar. Selain itu juga dimaksudkan sebagai upaya melengkapi beberapa indikator SPBE yang masih belum maksimal.
Mewakili Kepala Dinas Pariwisata, Sekretaris Dispar, Andi Djalil menegaskan agar setiap level pada semua indikator diupayakan dapat terpenuhi.
“Setiap level yang ada mesti diupayakan dapat terpenuhi secara maksimal. Tim SPBE bisa berkoordinasi dengan pendamping dari Kominfo, dan selalu berkoordinasi dengan masing-masing penangung jawab indikator yang telah ditunjuk”, kata Andi Djalil.
Sementara itu, operator aplikasi SP4NLAPOR, Setiawan memberi penjelasan tentang aplikasi tersebut. Dijelaskan Wawan bahwa SP4N LAPOR atau Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Rakyat merupakan platform resmi yang digunakan oleh pemerintah untuk menerima dan mengelola pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik. Aplikasi tersebut memungkinkan masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi, permintaan informasi, dan pengaduan terkait pelayanan publik secara online.
Dikesempatan itu Wawan juga melaporkan bahwa sampai saat ini belum ada aduan masyarakat ke Dispar Sulbar terkait hal perijinan dan permintaan rekomendasi.
Diharapkan melalui rapat tersebut, SP4NLAPOR dapat tersosialisasi dengan baik sehingga Dispar Sulbar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.

