JUJUR DALAM BINGKAI TO MALAQBI
Oleh : Arrahman Arrahim – Staf Dinas Pariwisata prov. Sulbar
Malaqbi adalah sebuah konsep budaya kerja yang menjujung tinggi nilai-nilai inteqritas, Disiplin, dan etos kerja. Integritas dapat diartikan sebagai kesesuaian antara apa yang dikatakan dengan apa yang diperbuat, berkata dan berlaku jujur, dapat dipercaya, berpegang teguh dengan prinsip kebenaran,
bermoral dan beretika.

Para pemimpin yakin bahwa kebenaran dan kejujuran memang harus ditegakkan. Mereka tidak peduli walaupun harus menjadi pemimpin yang tidak disukai atau tidak terkenal, karena bagi mereka kebenaran adalah sesuatu yang harus ditegakkan. Hal ini juga menjadi ekspektasi mereka kepada staf dan bawahan dalam organisasi birokrasi. Mereka ingin staf dan bawahan selalu berkata dan berperilaku jujur, serta menjaga integritas mereka.
Budaya kerja malaqbi mengajak setiap aparatur sipil negara pemerintah provinsi Sulawesi barat baik pejabat maupun staff dan pegawai tidak tetap (PTT) untuk dapat berlaku jujur, bertanggungjawab, dapat dipercaya, konsisten, tidak korupsi, kolusi dan nepotisme dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Dengan berlaku jujur, memegang teguh prinsip-prinsip kebenaran, etika dan moral (berakhlaqul karima) serta berbuat sesuai dengan apa yang dikatakan, maka seseorang sudah dapat dikatakan bertanggungjawab atas apa yang diucapkannya. Konsisten untuk berprilaku jujur dan bertanggungjawab juga menjadi salah satu kunci penerapan nilai Integritas.

Sikap jujur merupakan salah satu sikap yang sudah diajarkan kepada kita sejak kecil dan sejak menginjak bangku sekolah untuk pertama kali. Diajarkannya kita kepada pentingnya sikap jujur sejak dini bukannya tanpa alasan. Jujur merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh setiap manusia dalam beraktivitas, salah satunya adalah jujur saat bekerja. Sikap jujur akan melahirkan kepercayaan antara satu orang dan lainnya. Sikap jujur juga menjauhkan rasa curiga hingga kekhawatiran akan rusaknya sebuah kepercayaan yang dibangun. Oleh sebab itulah sangat penting memiliki sikap jujur saat bekerja.

Manfaat yang bisa ditemukan apabila menerapkan sikap jujur dalam pekerjaan :
1. Reputasi yang baik mengenai diri kamu akan terbentuk
Reputasi sangatlah penting untuk dibangun sejak pertama kali kamu menginjakkan diri di sebuah lingkungan kerja. Sebagai pekerja/karyawan baru, bentuklah dan bangunlah reputasi yang baik di depan atasan dan semua rekan kerja. Reputasi yang baik akan membuat semua rekan kerja bahkan atasan mempercayakan kita dalam setiap pekerjaan.
Salah satu cara membangun reputasi yang baik di tempat kerja adalah dengan bersikap jujur. Jangan pernah mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan oleh rekan dan atasan kerja. Bersikap jujur dan nyata apa adanya. Tidak perlu berbohong untuk meraih simpati. Sebaliknya, kejujuran dan amanah di tempat kerja akan membuat kita semakin dipercaya. Sebaliknya, memiliki reputasi yang negatif di tempat kerja haruslah dijauhi. Ketika seluruh orang di kantor kamu memberikan reputasi yang negatif baik pada diri maupun kinerjamu, bukan tidak mungkin kamu akan dijauhi oleh yang lainnya. Semakin parah adalah, ketika sikap ketidakjujuran dan tidak amanahmu sudah dianggap keterlaluan, maka kita berisiko dipecat dari tempat kerja.

2. Memperoleh kepercayaan dari rekan kerja
Sebuah hubungan termasuk relasi dalam pekerjaan, harus dibangun di atas pondasi kejujuran. Sebuah tim kerja tidak akan efektif berjalan ketika satu orang dengan lainnya menaruh dasar kecurigaan. Akibatnya adalah tujuan tim tidak akan berjalan dan akan mengacaukan performa organisasi. Orang yang sedang berada di sebuah lingkungan kerja, jangan pernah lupa untuk menerapkan sikap jujur saat bekerja. Sikap ini merupakan asas untuk membangun fondasi sebuah kepercayaan di lingkungan kerja. Ketika jujur dan tulus dalam sebuah pekerjaan, orang lain pun perlahan akan mengetahui kejujuran kita. Alhasil, mereka tidak akan ragu memberikanmu sebuah kepercayaan. Bahkan bisa saja sifat jujurmu ini akan membuatmu dipercaya atasan memegang sebuah tugas yang besar.
3. Kredibilitas di lingkungan kerja yang meningkat
Reputasi positif di tempat kerja saja tidaklah cukup jika kredibilitas kita masih kurang. Kejujuran tidak hanya dapat memberikan reputasi positif namun juga meningkatkan kredibilitas kita di lingkungan kerja. Dengan kredibilitas yang positif, atasan pun akan semakin mudah mempercayakanmu pada pekerjaan. Dan kita pun berpeluang lebih besar untuk naik jabatan.
4. Membentuk pribadi lebih bertanggung jawab
Seseorang yang jujur akan selalu mempertimbangkan dan mengingat semua kata yang keluar dari mulutnya. Oleh sebab itu, semua kata dan perbuatan yang kita berikan ke orang lain akan selalu dipertimbangkan dan benar-benar dilakukan. hal ini akan membuat kita menjadi pribadi lebih bertanggung jawab.

5. Lebih dihargai oleh orang lain
Secara tidak langsung, kejujuran akan menempatkan kita sebagai seseorang yang patut dihargai dan dihormati di masyarakat dan lingkungan kerja. Hal ini disebabkan oleh tingginya nilai kejujuran tersebut secara universal.
6. Dapat meningkatkan level kesehatan mental
Manfaat lain dari sikap jujur saat bekerja adalah dapat memberikan kebaikan untuk kesehatan mental. Sikap jujur baik dalam pekerjaan maupun di lingkungan pribadi kita tidak hanya membuat kita memiliki hubungan relasi yang baik dengan orang lain, namun juga kesehatan mental pribadi.
Sikap jujur akan memunculkan emosi positif yang membuatmu lebih tenang dalam menghadapi hari dan orang lain. Sebaliknya, sikap senang berbohong dapat memunculkan emosi negative, baik kamu sadari ataupun tidak. Hal ini disebabkan upaya untuk selalu menutupi kebohongan akan selalu muncul di diri seseorang yang berbohong. Akibatnya, pikiran pun tidak akan pernah tenang.

Namun, ketika kita terbiasa untuk jujur saat bekerja, pikiran pun akan lebih rileks serta tenang. Hal ini dikarenakan kita sudah menyatakan hal-hal yang benar sehingga tidak perlu bingung mencari cara untuk menutupi kebohongan berikutnya. Kita pun bisa menjadi dirimu yang sesungguhnya. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan bersikap jujur saat bekerja dan dalam kehidupan pribadi lainnya. Membiasakan hidup jujur tentu tidak akan ada ruginya. Bahkan, sikap jujur adalah sikap yang akan menjauhkan kita dari kecenderungan untuk korupsi. sekali saja seseorang berbohong maka selanjutnya orang lain akan susah mempercayainya.